7+ Cara Membangun Brand Awareness, Bisnismu Cepat dikenali

cara membangun brand awareness

Cara membangun brand awareness – halo sobat billa, penting gak sih membangun brand awareness untuk brand usaha Anda? Atau ada yang belum tahu maksud dari brand awareness itu sendiri? Wah jangan sampai tidak tahu ya. Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat ciri khas yang menggambarkan suatu brand itu sendiri baik itu warna, logo, atau image.

Pada dasarnya kemampuan konsumen dalam mengenali suatu merek ini perlu dipelajari karena pastinya akan menjadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian. Selain itu, pemilik brand juga harus mempelajari perilaku konsumen untuk meningkatkan awareness terhadap produk dan jasa, sekaligus untuk menentukan strategi promosi yang tepat, strategi penjualan dan strategi pengembangan usaha secara keseluruhan.

Pentingnya Branding untuk Bisnis!

Sebelum memiliki suatu merek dengan tingkat kesadaran yang tinggi dari para konsumen, diperlukan branding terlebih dahulu. Branding adalah sebuah proses atau usaha yang berguna untuk memberikan makna pada produk atau jasa. Maksudnya begini, Anda selaku pemilik brand perlu menciptakan image yang baik dan kuat ke dalam ingatan masyarakat, sehingga membuat konsumen bahawa brand Anda terpercaya dan mudah dikenali. Melakukan branding juga menjadi ciri khas pembeda di antara produk dan jasa yang sudah beredar di pasaran.

Jadi menurut kalian penting gak sih membangun brand awareness? Jawabannya jelas sangat penting bukan, bagi pebisnis apapun karena tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli dari bisnis yang dijalani namun brand awareness juga membuat konsumen untuk terus membeli dari bisnis yang mereka percaya dan mudah dikenali.

Jika ingin bisnis Anda berkembang dan menonjol dari pesaing, cobalah untuk bangkitkan brand awareness. Berikut 6+ cara membangun brand awareness yang kuat untuk meningkatkan kesadaran sebuah merek bisnis Anda.

7+ Cara Membangun Brand Awareness yang Kuat

1. Tagline, Logo atau Nama yang Unik

Dalam membangun brand awareness pilihlah nama merek yang mudah diingat, gampang disebutkan serta didukung logo maupun warna yang unik.

Seperti yang kami lakukan pada bisnis kami dengan menggunakan nama brand “Billa” dan tagline unik yang mudah diingat yaitu “Creativity Beyond Limits” serta dengan logo putih dan warna biru. Ketiganya seharusnya bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai identitas perusahaan serta citra yang ingin disampaikan ke konsumen.

Selain bisnis kami adapun tagline dan logo unik yang Anda juga sepertinya sudah mengenalnya seperti “Just Do it” dari Nike dengan logo ceklist, ataupun tagline legend seperti “Connecting People” dari Nokia. Jadi buatlah logo dan tagline yang mendukung logo mu secara unik dan mudah di ingat.

2. Konsisten dengan Citra Merek Anda

Apakah kalian tahu berapa waktu yang dibutuhkan konsumen untuk tertarik dengan merek atau bisnis Anda? 10 detik, hanya 10 detik saja bagi konsumen untuk membentuk kesan baik pada merek Anda. Jika mereka tertarik dengan yang Anda tawarkan pastinya mereka akan eksplore lebih dalam mengenai bisnis Anda.

Apabila Anda membuat sebuah iklan yang berbeda di tiap platform nya maka akan membuat konsumen bingung mengenai Produk dan Jasa yang Anda tawarkan, serta kemungkinan besar konsumen Anda akan dengan cepat meninggalkan bisnis Anda dan mencari yang mereka inginkan.

Jika Anda konsisten dengan iklan yang anda berikan dan produk atau jasa yang ditawarkan disemua media, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk jauh mengeksplore bisnis Anda. Saat ingin melakuakan iklan, konsisten lah di semua platform iklan Anda. Apabila Anda iklan di Facebook, Instagram dan Website selalu konsisten dengan konten yang Anda tawarkan.

3. Membuat Akun Bisnis di Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness menjadi pilihan tepat. Karena bagi masyarakat menggunakan sosial media menjadi suatu kebutuhan yang wajib dimiliki. Anda diharapkan tetap aktif mengunggah konten yang menarik dan relevan sesuai bisnis serta berinteraksi dengan audiens secara berkala. Kalau absen satu hari mungkin tidak akan menurun secara drastis pengunjung bisnis Anda. Namun, tetap saja walau absen sehari Anda akan tetap kehilangan pengunjung bukan?

Selain itu juga Anda harus aktif meng-update tren saat ini, serta mengetahui aplikasi sosial media apa saja yang banyak digunakan. Saat ini Anda bisa membuat akun untuk bisnis di media sosial seperti Tiktok, Instagram, Facebook atau Youtube.

4. Jalankan Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten. Tujuannya agar menarik perhatian konsumen yang dituju. Selain itu, tujuan lainnya menjadikan siklus pembelian menjadi dua, yaitu aware dan buy.

Para marketer pastinya ingin para konsumen langsung aware dengan produk yang ditawarkan tanpa harus membanding-bandingkan dengan produk lainnya. Karena itu dengan konten yang dibuat, diharapkan konsumen bisa langsung ke tahap pembelian tanpa ragu membeli produk tersebut.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan content marketing, salah satunya dengan menggunakan blog di Website bisnis Anda. Blog adalah platform yang bisa digunakan untuk content marketing. Menggunakan Blog sebagai content marketing Anda  harapannya bisa menjadi sumber informasi bagi konsumen yang ingin mempelajari bidang Anda secara lanjut.

Kalau saat ini Anda bisa menggunakan media sosial Instagram Reels atau Tiktok yang bisa menampilkan bisnis Anda berupa video singkat.

5. Gunakan Content Video Marketing

Nah, jika Anda sudah mengetahui content marketing maka cobalah menggunakan video untuk marketing bisnis Anda. Seperti yang dijalaskan diatas Anda bisa menggunakan Media Sosial seperti Instagram Reels atau Tiktok untuk menampilkan bisnis Anda dalam bentuk video yang menarik. Dalam membuat Video, pastikan Anda mengetahui segmen bisnis yang Anda jalani. Ketahui apa yang mereka suka, dan menggunakan bahasa seperti apa yang mereka pakai?

Jangan lupa tampilkan video tersebut dalam bentuk semenarik mungkin agar konsumen lebih betah melihat video video Anda.

6. Adakan Event atau Jadi Sponsor Event

Mengadakan event juga menjadi salah satu cara membangun brand awareness. Selain mengadakan event Anda juga bisa menjadi sponsor di sebuah event guna mencapai target Audiens dan meningkatkan brand awareness. Memilih menjadi sponsor disuatu acara jangan asal ya sobat billa, pastikan event yang dipilih relevan dengan bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa memberikan event saat peluncuran Produk atau Layanan baru pada Bisnis Anda.

7. Memberikan merchendise gratis

Pernah Anda berterimakasih kepada para pelanggan yang membantu berkontribusi pada bisnis Anda? Pernah, hanya dengan ucapan saja? Itu sudah baik, namun cobalah berikan cara unik untuk berterimakasih ke pada para pelanggan kita.

Contohnya dengan memberikan merchendise gratis setiap pelanggan yang membeli produk kita. Merchendisenya bisa berupa gantungan kunci, stiker atau apapun itu. Orang orang biasanya akan merasa senang jika mereka menerima merchendise yang unik dan personal, begitupun dengan Anda bukan? Maka dari itu pilihlah yang berhubungan dengan bisnis Anda atau barang-barang yang bisa dipakai sehari-hari oleh konsumen Anda.

8. Berkerja sama dengan Influencer

Cara terakhir ini sebenarnya cukup menguras dompet yah, hehe namun hasil yang ditawarkan cukup menjanjikan. Influencer marketing adalah sebuah strategi marketing untuk mempromosikan sebuah produk melalui social media seperti Instagram, Youtube, Twitter, Blog, dll.

Seorang influencer pastinya memiliki banyak followers di social media dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka seperti youtuber, selebgram, dan lain sebagainya. Pengaruh influencer terhadap followersnya cukup besar, karena apa yang mereka sampaikan dan lakukan bisa membuat followers untuk mencoba dan membeli sebuah produk yang digunakan influencer. Oh ya walaupun diatas disebutkan cukup menguras dompet sebenarnya enggak terlalu juga sih, asalkan Anda memiliki teman yang followersnya banyak bisa negosiasi lah ya hehehe.

Mengetahui Indikator Brand Awareness Sudah Tepat!

Sudah menerapkan tips diatas pastinya Anda ingin mengetahui apakah sudah melakukannya dengan benar atau belum. Indikator apa saja yang menjadi nilai suatu kesuksesan branding? Indikatornya ada 3 yang bisa memberikan sedikit gambaran soal brand awareness yang tengah dibangun.

  1. Traffic Website, dengan menunjukan seberapa banyak pengunjung yang tertarik dan mengikuti brand Anda di Website.
  2. Engagement Media Sosial, yang ditunjukan dengan mudah lewat jumlah followers, like, repost, atau komentar yang terus meningkat.
  3. Pendapat orang lain tentang Brand Anda. Sesaat ada konsumen yang mengatakan brand Anda buruk, maka impresi negatif dapat menular ke calon konsumen yang lain. Sebaliknya jika ada pelanggan yang puas dan suka dengan brand Anda, maka bisa jadi calon konsumen lainnya akan terkonversi.

Dengan menerapkan cara membangun brand awareness diatas harapannya bisa membantu Anda mengenali pentingnya brand awareness bagi bisnis yang Anda jalani. Untuk membangunnya maka dibutuhkan strategi yang efektif, Anda harus bisa memanfaatkan biaya seminimal mungkin untuk hasil yang maksimal.

Jika Anda tidak ingin repot-repot mengurusi urusan branding untuk bisnis Anda. Ada solusi terbaik buat Anda yang tidak ingin repot yaitu dengan memilih Layanan Branding dari Billa.co.id. Kami akan membantu Bisnis Anda agar mudah dikenal secara luas. Itulah penjelasan mengenai Brand Awareness dari Billa. Semoga bermanfaat!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *